7 Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Pada Komputer Anda

3:20 AM
Internet sudah menjadi kebutuhan prioritas manusia di dunia ini, bagaimana tidak di jaman modern seperti ini banyak hal penting yang dilakukan di internet seperti mengurus pekerjaan, membaca informasi, bahkan mencari pekerjaanpun bisa di lakukan di internet.

Sudah pasti dengan kebutuhan yang sangat tinggi itu kebutuhan internet menjadi sangat vital terlebih lagi kebutuhan akan internet yang cepat dan stabil, hal ini sangat penting bayangkan saja jika koneksi lemot dan tidak stabil maka email kantor tidak dapat terkirim, berkas-berkas penting tidak dapat di upload dan masih banyak hal lain yang sangat berpengaruh ketika koneksi internet lemot dan tidak stabil.
Internet Cepat

Untuk mendapatkan koneksi internet memang cukup mudah saat ini kita bisa memilih ISP yang ada di kota kita masing-masing bisa lewat Modem, Internet Cable, Wifi dll namun, apakah semuanya menjadmin koneksi internet yang cepat dan stabil ? Tentu belum pasti.

Untuk mendapatkan koneksi internet yang memadai dalam hal kecepatan dan kestabilan tentunya tidak bisa di pandang remeh pemilihan ISPnya, hanya ISP tertentu lah yang memberikan layanan dengan kualitas prima.

Namun, pastinya mencari ISP yang mempunyai pelayanan kualitas prima membutuhkan dana yang lebih besar dari ISP lainya, sedangkan untuk yang punya modal pas pasan yang hanya bisa menggunakan Internet Cable dari ISP tertentu atau Modem dari Seluller tertentu sebenarnya masih bisa merasakan internet yang baik bula.

Hanya saja kita sebagai pelanggan perlu selektif dan pintar memilih sesuatu, contohnya saja sebenarnya kita bisa melakukan beberapa hal untuk Mempercepat Koneksi Internet dari Modem atau Internet Cable yang ada di PC.

Untuk itu kali ini tau tarif akan memberikan beberapa tips / Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet di PC, yuk di simak.

1. Memilih Operator / Provider Yang Bagus

Tips yang paling pertama adalah tips dasar, seperti yang saja jelaskan tadi memilih ISP adalah salah satu hal yang tidak bisa di pandang remeh, karena pemilihan ISP mempengaruhi kualitas koneksi internet yang akan kita terima, pilihlah provider yang sudah lama dan sudah mendapat banyak feedback baik dari para pelangganya.

Usahakan jangan tergiur oleh bualan ISP tertentu yang memberikan promo dengan harga yang tak masuk akal bisa saja layanan tersebut kurang bagus, misalnya saja Pingnya Besar, atau mungkin bandwithnya tidak terlalu banyak, download upload kurang stabil dll.

Jika kalian menggunakan koneksi dari Operator Selullar seperti Indosat, XL, Axis, dll usahakan pastikan lokasi kalian tercover oleh jaringan operator selular tersebut, karena kualitas jaringan juga berpengaruh kepada kecepatan dan kestabilan koneksi internet yang kita gunakan.

2. Gunakan Perangkat Modem Yang Bagus

Pemilihan modem juga merupakan hal penting selanjutnya, rata rata kini modem sudah banyak di lengkapi dengan fitur 4G, pastikan pilih Modem dengan Brand ternama karena pastinya kualitasnya sudah terbukti dan terjamin.

Pastikan pilih modem dengan harga yang bersaing, ya sebenarnya sih tidak apa apa asalkan kalian bisa memilih dengan slektif, biasanya modem yang "ecek-ecek" mempunyai harga yang lebih miring ketimbang harga modem pada umumnya, modem "ecek-ecek"inilah yang biasanya memberikan masalah yang menjengkelkan bisa saja kemampuan modem menagkap sinyal kurang atau mungkin modem cepat panas, hal inilah salah satunya yang menyebabkan koneksi internet menjadi lambat dan modem juga cepat rusak karena panas.

3. Ubah Setingan Bandwidth Komputer

Ya pada dasarnya biasanya pada sebuah OS windows telah di beri limit 20% Bandwidth yang di gunakan untuk melakukan update, jika Bandwidth di kurangi maka penggunakan koneksi internet akan kurang maksimal, untuk itu akan lebih baik bilamana kalian merasa fitur tersebut sudah tidak perlu di gunakan bisa kalian matikan dengan cara sebagai berikut.
  1. Buka program RUN yang ada di Komputer kalian dengan cara Ketik + R secara bersamaan maka akan muncul Pop Up dari program RUN.
  2. Tuliskan gpedit.msc pada kolom program Run.
    Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Pada Komputer Anda
  3. Masuk Ke Computer Configuration > Administrative Templates > Network > QoS Packed Scheduler
    Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet Pada Komputer Anda
  4. Lakukan dobel klik pada Limit Reservable Bandwidth
    Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet Pada Komputer Anda
  5. Ubah Ke enable dan ubah Bandwidth Limit Menjadi 0 (default 20) Kemudian klik apply dan Ok.
    Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet Pada Komputer Anda
  6. Lakukan Restart pada komputer Kalian untuk menyimpan konfigurasi baru.

4. Mengubah Settingan DNS Pada Komputer Kalian.

Cara selanjutnya adalah dengan menubah settingan DNS default pada komputer kalian, ubahlah DNS menjadi Open DNS atau DNS dari Google untuk mengganti DNStersebut kalian bisa menuimak langkah-langkah berikut.
  1. Lihat Pada Icon Network yang ada di task bar pojok kanan bawah.
    Cara Gampang Mempercepat Koneksi Internet Pada Komputer Anda
  2. Klik kanan lalu Klik Open Network and Sharing Center
  3. Klik Koneksi Yang kalian gunakan
    Cara Gampang Mempercepat Koneksi Internet Pada Komputer Anda
  4. Kamudian kalian Klik Properties
    Cara Gampang Mempercepat Koneksi Internet Pada Komputer Anda
  5. Pilih pada Tab Network kemudian klik 1 kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/ IPv4), dan klik properties
    Cara Gampang Mempercepat Koneksi Internet Pada Komputer Anda
  6. Pada tab general ubah setingan ke Use the Following DNS server addresses, Ubah DNS ke Prefered DNS: 208.67.222.222
    Alternate DNS: 208.67.220.220
    Cara Gampang Mempercepat Koneksi Internet Pada Komputer Anda
  7. Lalu Klik OK
  8. Restart PC Kalian
Jika kalian ingin mengubah ke DNS google bisa dengan cara sebagai berikut.
  1. Klik kanan lalu Klik Open Network and Sharing Center
  2. Klik Koneksi Yang kalian gunakan
  3. Kamudian kalian Klik Properties
  4. Pilih pada Tab Network kemudian klik 1 kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/ IPv4), dan klik properties
  5. Pada tab general ubah setingan ke Use the Following DNS server addresses, Ubah DNS ke
    Prefered DNS Server: 8.8.8.8 Alternate DNS Server: 8.8.4.4
    Cara Gampang Mempercepat Koneksi Internet Pada Komputer Anda
  6. Klik OK
  7. Restart PC Kalian

5. Mengaktifkan DNS Cache

Untuk mengganti DNS cache kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka Note Pad
  2. Copy Code di bawah ini ke notepad
    [HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]
    "CacheHashTableBucketSize"=dword:00000001
    "CacheHashTableSize"=dword:00000180
    "MaxCacheEntryTtlLimit"=dword:0000fa00
    "MaxSOACacheEntryTtlLimit"=dword:0000012d
  3. Kemudian simpan kode tersebut dengan nama dnscache.reg
  4. Dobel Klik pada file tersebut untuk mengaktifkan cache.
  5. Buka file tersebut pada setiap kalian akan melakukan browsing untuk mendapat internet yang lebih stabil.

6. Gunakan Antena Eksternal Pada Modem

Mempercepat Koneksi Internet Pada Komputer Anda Dengan Antena Yagi
Ya cara ini bisa di lakukan untuk kalian pengguna internet yang hubung menggunakan modem, kalian bisa menggunakan Antena eksternal seperti antena yagi untuk memperkuat sinyal pada modem kalian, dengan menggunakan Antena yagi maka pancaran penerimaan sinyal pada modem akan semakin kuat.

Mempercepat Koneksi Internet Pada Komputer Anda Dengan Antena EksternalSaya sarankan bila daerah kalian memang kurang sinyal pakai saja antena ini, harganya juga relatif murah rata-rata cuma kisaran 200-300rban di pasaran, atau jika kalian merasa antena yagi terlalu mahal kalian bisa membeli antena eksternal lainya harganya sekitar di bawah 100rban. Contohnya antena seperti pada gambar di samping, harganya cukup murah kisaran 60rban.


7. Download Menggunakan IDM

Saat kalian download sebuah file ada baiknya kalian tidak menggunakan downloadder bawaan dari browser karena biasanya kecepatan download tidak maksimal, saya sarankan download menggunakan software seperti IDM.

Dengan IDM ini insyal Allah kalian akan mendapat kecepatan maksimal dalam mendownload sebuah file, software ini berbayar namun untuk kalian yang ingin merasakanya kalian bisa mencobanya dengan versi trial selama 30 Hari.

Ya ke-tuju tips tadi kebanyakan saya ambil dari pengalaman sendiri dan dari referensi lain, pada dasarnya untuk mendapatkan koneksi internet yang memadai kalian hanya perlu selektif memilih Mana ISP yang baik.

Tips atau cara di atas bisa kalian ikuti atau mungkin tidak, sebenarnya ada banyak faktor yang mengakibatkan koneksi internet kalian lambat yang tentunya cara penangananya berbeda satu sama lain.

Semoga Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Pada Komputer Anda bisa bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel dari Tau Tarif.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

2 comments

standar banged seh pengetahuan loo....

Balas

Hehehe Maaf Gan :D
Barangkali Agan Punya Saran atau Tips Lain bisa di tambahkan :) Terimakasih

Balas