Tahun 2017 Operator Indonesia Persiapkan Jaringan Pre 5G LTE

4:04 AM
Sudah sekitar 2 tahunan ini masyarakat indonesia menikmati jaringan 4G LTE yang disediakan operator seluler indonesia, walau terhitung baru namun jaringan 4G LTE nampaknya sangat di terima di masyarakat indonesia.

Buktinya saja saat ini tepatnya di awal tahun 2017 mulai banyak operator seluler indonesia mempersiapkan Jaringan 5G yang membuktikan bahwa pelayanan 4G yang mereka berikan cukup memuaskan tak heran walau 4G terdengar baru di indonesia namun, indonesia cepat sekali berekspansi dari jaringan 4G ke 5G LTE.

Operator Seluler Indonesia seperti Indosat, XL, Telkomsel nampaknya sudah mulai mengembangkan Jaringan 5G LTE terbukti dengan dikembangkanya jaringan 4.5G oleh mereka yang sudah di mulai sejak 2016 lalu.

Kabarnya perkembangan jaringan 4G LTE ke 4.5G merupakan langkah awal menuju pembaruan ke jaringan 5G yang nampaknya akan terjadi pada tahun 2020 mendatang, namun bisa saja hal tersebut berlangsung lebih cepat bila antusiasme dan dukungan dari masyarakat lebih banyak lagi.
Untuk jaringan yang sedang di kembangkan saat ini adalah 4.5G yang nampaknya mempu memberikan kecepatan internet sampai 20 kali lipat dari 4G LTE, salah satu operator yang sudah mulai mengembangkanya pada Quartal Terakhir 2016 adalah Indosat Ooredoo. Yang menguji layanan 4.5G LTE mereka di 3 kota yaitu Jakarta, Bandung, dan Bali.

Peningkatan kecepatan dari jaringan 4G LTE ke 4.5G LTE tentunya sangat baik sekali misalnya saja dengan kecepatan secepat itu kalian dapat melakukan video call dengan kualitas HD loh, selain itu kalian bisa menonton Video di youtube tanpa kendala.
Jaringan 5G Indonesia
Jaringan 4.5G ini menggunakan teknologi Massive MIMO dengan 4x4 MIMO. Teknologi ini tentunya bisa memberikan kecepatan internet yang bisa mencapai kecepatan 1Gbps, namun rata-rata bisa tembus hingga 300 Mbps.


Kesimpulanya adalah, untuk saat ini nampaknya sudah cukup banyak operator seluler yang mulai mengembangkan jaringan ke 5G LTE beberapa di antaranya adalah Indosat, XL, Telkomsel dan Smartfren, untuk Jaringan 5G Indonesia nantinya tinggal kita tunggu tanggal mainya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments